Main Article Content

Abstract

Penelitian tindakan kelas di kelas X.8 SMA N 3 Tegal dilatarbelakangi observasi pra siklus yang
menunjukkan kurangnya aktivitas belajar yaitu 60% peserta didik memperoleh kategori
minimal baik dan data persentase hasil belajar klasikal sebesar 54% sehingga hal ini belum
memenuhi indikator ketercapaian keberhasilan. Sehingga guru dapat memilih model, metode
dan media yang dapat dipilih sesuai kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran. Peneliti
memilih model Teams Game Tournament (TGT) dengan metode Talking Stick media Crossword
Puzzle. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar melalui
model Teams Game Tournament (TGT) dengan metode Talking Stick media Crossword Puzzle.
Metode dalam penelitian dilaksanakan dengan teknik tes dan non tes. Hasil Model pembelajaran
model Teams Game Tournament (TGT) dengan metode Talking Stick media Crossword Puzzle.
terjadi Peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar. Aktivitas belajar peserta didik pada saat
pra siklus sebesar 60% kategori minimal baik, mengalami kenaikan pada saat siklus I dengan
persentase sebesar 71% dan pada saat siklus II mengalami kenaikan sebesar 91% kategori
minimal baik. Hasil belajar saat pra siklus dengan nilai rata-rata 72 dan persentase klasikal
belajar 54%. Pada saat siklus I mengalami kenaikan yaitu nilai rata-rata 76 dan persentase
klasikal belajar 66. Siklus II mengalami kenaikan yaitu nilai rata-rata 84 dan persentase klasikal
belajar 86%.

Keywords

Aktivitas Belajar Hasil Belajar model Teams Game Tournament (TGT) metode Talking Stick media Crossword Puzzle

Article Details