Main Article Content

Abstract

Dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL), penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui minat dan hasil belajar peserta didik kelas VII F. Teknik pengumpulan data melalui
angket, observasi dan tes sedangkan analis data menggunakan teknik membandingankan antara
kondisi awal peserta didik, siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
model PBL dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas VII F. Hal ini dapat
dilihat dari hasil angket minat yang diberikan kepada peserta didik terdapat perubahan positif
terhadap minat belajar peserta didik pada siklus I rata-rata skor minat sebesar 3,29 dan pada
siklus II diperoleh 3,60. Sedangkan untuk peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat
pada asesmen pra siklus hanya terdapat 1 peserta didik (3,12%) yang mencapai KKTP, kemudian
meningkat pada siklus I sebanyak 19 peserta didik (59,40%) mencapai KKTP dan pada siklus II
terdapat 26 peserta didik (81,25%).

Keywords

Minat Belajar Hasil Belajar PBL

Article Details