Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan serta menganalisis pengaplikasian model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar
mata pelajaran IPS Ekonomi pada materi alat pembayaran pada peserta didik kelas X-7 SMA
Negeri 3 Tegal Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023. Dua siklus dalam Penelitian Tindakan
Kelas digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data non-tes berupa observasi pembelajaran
aktif dan pengumpulan data tes untuk mengetahui hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan
model PBL. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas pembelajaran Prasiklus,
Siklus I, dan Siklus II dengan persentase keaktifan sebesar 48,6%, 65,7%, dan 80,0%. Peningkatan
keaktifan belajar ini terlihat dari kegiatan pembelajaran yang semakin interaktif pada setiap
siklusnya. Peserta didik berani bertanya, menjawab pertanyaan dan juga mengungkapkan
pendapatnya. Selain itu, penerapan model PBL membantu meningkatkan hasil belajar melalui
asesmen formatif dengan persentase ketercapaian KKM klasikal kelas dari pra siklus, Siklus I, dan
Siklus II yaitu 20%, 74%, dan 86%

Keywords

Keaktifan Belajar Hasil Belajar Problem-Based Learning

Article Details