Main Article Content
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas implementasi media Kahoot
dan Wordwall melalui model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe TGT dalam
meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik Kelas VIIB SMP Negeri 12 Tegal pada
materi menghargai lingkungan dan budaya lokal. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus.
Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan tes. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa media Kahoot dan Wordwall secara efektif dapat meningkatkan keaktifan
dan hasil belajar peserta didik. Terdapat peningkatan keaktifan belajar dari Prasiklus ke Siklus 1
dan Siklus 2, dari kategori kurang aktif menjadi aktif hingga sangat aktif. Hasil belajar juga
menunjukkan peningkatan, rerata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari nilai
60 (Prasiklus) menjadi 77,86 (Siklus 1) dan 86,79 (Siklus 2). Ketercapaian ketuntasan kelas
mengalami peningkatan yang signifikan dari 14% (Prasiklus) menjadi 72% (Siklus 1) dan 97%
(Siklus 2).