Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah media pembelajaranWordwall dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada Mata PelajaranPendidikan Pancasila kelas VII E UPTD SPF SMP N 15 Tegal.Penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan tiga tahap, pra siklus, siklus I dan siklus II.Dalam setiap tahap terdapat empat kegiatan utama, yaitu:
(1)Perencanaan, (2)tindakan, (3)pengamatan dan(4)Refleksi.Pra siklus
dilakukan untuk mendapatkan data awal sebelum dilakukan treatmen.Pada
Siklus I sudah menerapkan media pembelajaran Wordwall dilihat dari hasil
belajar nilai rata-rata pada siklus I sebesar 84,68.Pada siklus II juga sudahmenggunakan media pembelajaran Wordwall pada siklus II mengalami
peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 86,35 dan keaktifan belajarnya
makin meningkat dari pra siklus dengan presentase 3,22% menjadi 77,42%pada siklus II.Kesimpulan: Media Pembelajaran Wordwall meningkatkankeaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas VII E UPTD SPF SMP Negeri 15Tegal.

Keywords

Keaktifan hasil belajar Wordwall Pendidikan Pancasil

Article Details