Main Article Content
Abstract
Permasalahan pada pembelajaran IPA di UPTD SPF SMP Negeri 1 Tegal yaitu rendahnya keaktifan
belajar dan hasil belajar kognitif akibat learning loss dan pembelajaran online. Tujuan dari
penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK) ini yaitu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar
kognitif peserta didik kelas VIII E melalui implementasi model pembelajaran discovery learning
berbasis word square pada materi unsur, senyawa dan campuran semester genap tahun ajaran
2022/2023. PTK ini dilaksanakan dua siklus dengan hasil yang diperoleh yaitu terjadi
peningkatan keaktifan dan hasil belajar kognitif peserta didik setelah diimplementasikan model
pembelajaran discovery learning berbasis word square. Hasil peningkatan keaktifan belajar
peserta didik ditunjukkan dari persentase skor hasil observasi dan persentase skor hasil angket
oleh peserta didik pada siklus I dan II lebih dari 75%. Sedangkan peningkatan hasil belajar
kognitif peserta didik dilihat dari persentase ketuntasan klasikal pada siklus II lebih dari 90%
yaitu 90,32%,