Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis dan hasil belajar
siswa Kelas VIII D SMPN 11 Tegal, menggunakan metode Jumled Sentences. Jumbled
Sentences atau acak kata, merupakan sebuah metode dimana guru menyediakan
sejumlah kata secara acak untuk kemudian disusun menjadi sebuah kalimat sempurna
dalam Bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan
Kelas (action research) kolaboratif yaitu dengan melibatkan Guru Pamong, yang
dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tambahan pra siklus di awal sebagai langkah
observasi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) memiliki tujuan untuk memperbaiki
pembelajaran di dalam kelas agar terjadi peningkatan kualitas pembelajaran bisa
melalui metode, teknik, dan lain sebagainya.
Mengacu pada hasil penelitian pada PTK Kolaboratif ini disimpukan bahwa Jumbled
Sentences dapat meningkatkan kemampuan menulis dan hasil belajar pada materi
Short Functional Text siswa kelas VIII D SMPN 11 Tegal. Hal ini karena mengacak kata
dengan guru telah menyediakan kosa katanya, memudahkan siswa untuk membuat
sebuah kalimat utuh dalam Bahasa Inggris, sehingga berdampak pada nilai yang mereka
hasilkan. Peneliti merekomendasikan hasil penelitian ini untuk diterapkan oleh: (1)
Guru yang mendapatkan kesulitan yang sama dalam meningkatkan kemampuan
menulis siswa dan hasil belajarnya, (2) Guru diharapkan mampu mengembangkan
pemebalajaran yang lebih kreatif dalam mengemas teknik Jumbled Sentences untuk
siswa tergantung kebutuhannya.