Main Article Content

Abstract

Pembelajaran Sosial Emosional merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang digunakan untuk membantu peserta didik mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilannya dalam belajar dan mengelola emosinya, serta mampu membangun hubungan baik dan sehat dengan orang lain. Aspek sosial-emosional berperan penting dalam ketercapaian tujuan pembelajaran dalam sebuah kegiatan pembelajaran, sehingga perkembangan yang dialami peserta didik tidak hanya secara akademis juga pada kemampuan sosial dan emosionalnya. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Sosial-Emosional terhadap hasil capaian tujuan pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI.3 SMA Negeri 4 Tegal menggunakan intervensi kerangka Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning (CASEL) dengan 5 kompetensi yakni Self awareness (Kesadaran diri); Self management (Manajemen diri); Responsible Decision Making (Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab); Social awareness (Kesadaran sosial); Relationship skills (Keterampilan sosial).

Keywords

Pembelajaran Sosial Emosional Pengaruh Pembelajaran Sosial Emosional

Article Details