Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah sebagai upaya untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa melalui penyampaian materi teks pidato. Penelitian ini merupaka penelitia kuantitatif dengan jumlah subjek 32 siswa terdiri dari 18 perempuan dan 14 laki-laki. Sebelum penyampaian materi siswa di berikan instrument berupa pre-test untuk menganalisis tingkat kepercayaan diri siswa. Instrumen ini diberikan untuk mengetahui kategori siswa apakan termasuk pada siswa percaya diri, kurang percaya diri atau tidak percaya diri. Setelah penyampaian materi teks pidato pada sub-bab macam penyampaian teks pidato siswa dimintan untuk melakukan pidato di depan kelas menggunakan metode ekstemporan. Setelahnya instrumen yang sama kembali diberikan pada siswa sebagai post-test. Hingga di dapati adanya peningkatan jumlah angka siswa yang mengalami peningkatan kepercayaan diri pada setiap kategorinya, meskipun masih terdapat beberapa siswa yang tidak percaya diri, namun penyampaian materi teks pidato ini bisa digunakan sebagai alternative untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa.