Main Article Content

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan dalam pendidikan yang bertujuan untuk menyesuaikan pengajaran dengan kebutuhan, minat, dan kemampuan individu siswa. Dengan pendekatan ini, guru dapat mengadaptasi metode pengajaran, materi, dan penilaian untuk memastikan bahwa semua siswa mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan untuk belajar secara efektif melalui aspek konten, proses, produk, dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dari hasil penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kreatifiktas peserta didik memproduksi teks persuasi berupa poster dengan menggunakan pemanfaatan teknologi modern yaitu aplikasi capcut dan canva. Sasaran pelaksanaan best practice yaitu peserta didik kelas XI AKL 3 SMK Negeri 2 Tegal dengan jumlah 35 peserta didik. Teknik penelitian best practice menggunakan teknik observasi. Hasil analisis akan membahas beberapa hal berupa (1) langkah yang dilakukan, (2) strategi yang digunakan, (3) proses, dan (4) sumber daya. Langkah penerapan pembelajaran berdiferensiasi yaitu (1) menentukan tujuan pembelajaran; (2) pemetaan kebutuhan belajar peserta didik (3) penentuan alat penilaian dan strategi; dan (4) penentuan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi yang akan diterapkan (konten, proses, produk). Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui tiga tahapan yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup.

Keywords

pembelajaran berdiferensiasi teks persuasi poster

Article Details