Main Article Content

Abstract

Di dunia pendidikan motivasi dan minat peserta didik dalam belajar adalah kunci untuk mencapai keberhasilan dalam belajar. Pengintegrasian aktivitas pembelajaran dengan
karakteristik yang dimiliki peserta didik dapat membantu menumbuhkan minat belajar peserta didik. Dalam hal ini, diperlukan adanya pembelajaran yang relevan dengan
kehidupan peserta didik dan sesuai dengan kemampuan mereka. Oleh karena itu, untuk menciptakan pembelajaran yang dapat menumbuhkan minat belajar pada peseta didik,
dibutuhkan inovasi-inovasi pembelajaran yang harus dilakukan guru. Peneliti ingin menciptkan inovasi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Teaching at The Right
Level (TaRL) dan Culturally Responsive Teaching (CRT) berbantuan media quizzizz. Diharapkan dengan adanya inovasi ini dapat membantu meningkatkan minat belajar peserta
didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dengan analisis kerangka STAR. Instrumen yang digunakan adalah instrumen observasi pengamatan berupa
quisioner terbuka selama proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi selama pembelajaran dan dokumentasi. Dari hasil inovasi ini menunjukan
bahwa terdapat peningkatan minat belajar peserta didik, hal ini dibuktikan dengan dokumentasi keaktifan dan antusias peserta didik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran serta hasil belajar yang mereka dapat, dimana 80% peserta didik mendapat nilai diatas KKM.

Keywords

Teaching at The Right Level Culturally Responsive Teaching quizzizz minat belajar

Article Details