Main Article Content

Abstract

Penulisan Best Practice ini ibertujuan imeningkatkan ikeaktifan isiswa dengan menerapkan model ipembelajaran ikooperatif itipe Team Games Tournament (TGT) yang dipadukan dengan
permainan Bingo. Best Practice ini diterapkan pada isiswa ikelas iVIII D SMP Negeri 9 Tegal untuk mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, khususnya dalam diskusi dan penyelesaian soal matematika. Teknik ipengumpulan idata idilakukan imelalui iobservasi dan dokumentasi. Observasi bertujuan untuk mengamati perilaku dan interaksi siswa selama pembelajaran, sementara dokumentasi idigunakan iuntuk imerekam data berupa foto dan video. Metode yang digunakan mencakup tahapan perencanaan dan penerapan model TGT, yaitu presentasi, pembentukan itim, ipermainan, iturnamen, dan rekognisi tim. Permainan Bingo berperan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan partisipasi siswa dengan cara yang menyenangkan. Hasil pelaksanaan menunjukkan ibahwa metode ini efektif idalam meningkatkan keaktifan siswa, dengan siswa menjadi lebih antusias, berani bertanya, serta aktif dalam diskusi kelompok, yang didukung oleh unsur menyenangkan dari permainan Bingo.

Keywords

best practice keaktifan TGT permainan Bingo

Article Details