Main Article Content

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik, terutama dalam pembelajaran matematika, merupakan masalah utama yang sering ditemui. Faktor penyebab utama meliputi motivasi belajar yang kurang, metode pembelajaran yang monoton, dan kurangnya minat peserta didik. Untuk mengatasi tantangan ini, penelitian ini menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe role playing yang terintegrasi dengan sosial-emosional learning (SEL) dan menggunakan media monopoli. Tujuan dari pendekatan ini adalah untuk meningkatkan minat belajar serta menciptakan kondisi emosional yang mendukung peserta didik, sehingga mereka dapat belajar dengan lebih nyaman dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah desain pretest-posttest dengan satu kelompok, dan hasilnya dianalisis menggunakan perhitungan N-gain skor. Temuan menunjukkan bahwa 91,67% peserta didik memiliki skor N-gain yang melebihi 0,7, sementara 8,23% memiliki skor sama dengan atau di bawah 0,7. selain itu 75% peserta didik mendapatkan peningkatan skor dalam kategori efektif, sedangkan 25% peserta didik lainnya berada dalam kategori cukup efektif. Rata-rata efektivitas peningkatan skor berada pada kategori efektif dengan nilai prosentase sebesar 78%. Hasil ini mengindikasikan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe role playing yang terintegrasi SEL dan berbantuan media monopoli secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Keywords

Pembelajaran Role Playing Efektivitas Hasil Belajar

Article Details