Main Article Content

Abstract

Motivasi dan proses belajar saling terkait dalam lingkungan kelas. Belajar yang didorong oleh motivasi yang tinggi cenderung menghasilkan pencapaian belajar yang lebih optimal. Proses pembelajaran yang sukses membutuhkan keaktifan, partisipasi, dan komunikasi yang interaktif antara guru dan siswa. Komposisi fungsi adalah penggabungan dua atau lebih fungsi membenuk fungsi baru. Dimana materi ini sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan keadaan siswa dengan bantuan media pembelajaran memudahkan siswa dalam belajar dan dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan mereka. Peneliti ingin meakukan inovasi pembelajaran dengan bantuan media sticky note mengguakan model pembelajaran TGT, diharapkan inovasi ini dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang dianalisis menggunakan kerangka STAR. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi untuk mencatat proses pembelajaran dan kuesioner terbuka terkait
keterlaksanaan pembelajaran. seteah dilakukan inovasi tersebut siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran dan antusias selama proses pembelajaran. Motivasi belajar mereka juga meningkat hal ini dapat dilihat ketika mereka sangat menikmati pembelajaran dan menunjukan antusisme yang tinggi selama pembelajaran.

Keywords

Teams Games Tournament (TGT) Motivasi Keaktifan Komposisi fungsi sticky note

Article Details