Main Article Content
Abstract
Minat belajar iala salah satu faktor supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai. Agar tujuan pembelajaran tercapai diperlukan kontribusi yang tinggi baik dari pihak guru maupun peserta
didik. Guru berperan untuk mencari inovasi pembelajaran yang menarik serta menyenangkan bagi peserta didik. Melaui pembelajaran yang menyenangkan maka akan tumbuh minat belajar yang tinggi dalam diri peserta didik. Inovasi pembelajaran yang menyenangkan tersebut dapat berupa pembuatan ataupun memodifikasi media pembelajaran. Adapun media yang menarik dan menyenangkan dapat berupa media yang relevan atau berhubungan dengan kehidupan nyata para peserta didik. Oleh sebab itu peneliti ingin melakukan inovasi pembelajaran dengan memodifikasi kartu domino sebagai bentuk media pembelajaran yang bisa diterapkan dalam mata pelajaran matematika materi fungsi komposisi. Tujuan diadakannya penelitian ini ialah untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Metode penelitian adalah deskripsi kualitatif dengan pendekatan kerangka STAR. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi selama proses pembelajaran dan angket sebagai bukti hasil refleksi. Adapun hasil dari pelaksanaan menunjukkan bahwa minat belajar peserta didik meningkat. Hal ini dibuktikan dengan tingkat antusias peserta didik semakin baik dibandingkan dengan pertemuan sebelumnya. Serta tujuan pembelajaran dapat dicapai oleh seluruh peserta didik.