Main Article Content
Abstract
Best practice ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XI MPLB 2 SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal tahun ajar 2024/2025 dengan model
problem based learning (PBL) berbantuan e-modul etnomatematika. sasaran pada best practice ini yaitu peserta didik kelas XI MPLB 2 SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal yang berjumlah 36 peserta didik. Langkah-langkah dalam best practice ini melakukan pretest, kemudian Menyusun perangkat pembelajaran yang terdiri dari modul ajar, e-modul etnomatematika, LKPD dan bahan tayang sesuai dengan budaya lingkungan peserta didik. Instrument dari best practice ini adalah soal pretest dan posttest. Hasil best practice menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan PBL berbantuan e-modul etnomatematika mampu meningkatkan kemampuan peserta didik. Hasil yang diperoleh dalam best practice ini menunjukkan sig<0,05, sehingga ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik kelas XI MPLB 2 setelah penerapan model PBL berbantuan e-modul berbasis etnomatematika memberikan hasil yang lebih baik jika dibandingkan sebelum penerapan metode tersebut. Saran untuk Langkah selanjutnya adalah penerapan model PBL berbantuan e-modul etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah diharapkan dapat dikembangkan lebih lanjut dengan variable yang berbeda dan lebih menyenangkan. Ataupun dengan metode pembelajaran dengan game untuk variable yang lain.