Main Article Content

Abstract

Di perusahaan manufaktur, peramalan permintaan pasar merupakan aktivitas penting yang perlu dilakukan untuk memprediksi permintaan konsumen di masa mendatang. PT. Nandya Karya Perkasa menghasilkan berbagai jenis produk sparepart kendaraan bermotor merk Kawasaki dan memiliki peluang pasar yang besar untuk penjualan motor, namun masih belum dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan sering mengalami keterlambatan pengiriman barang ke tangan konsumen, permasalahan ini disebabkan karena permintaan konsumen yang fluktuatif dan ini sangat mempengaruhi kinerja perusahaan sehingga perlu dilakukan analisis peramalan permintaan konsumen untuk masa yang akan datang. Penelitian ini dilaksanakan dengan membandingkan antara metode Trend Analysis, Moving Average, Weight Moving Average, Exponential Smoothing, Exponential Smoothing With Trend, Regresi Kuadratis, dan Siklis untuk didapatkan peramalan yang mendekati nilai akurasi terbaik dan lebih aktual. Penelitian dimulai dari pengambilan data historis, pengujian data, penentuan metode peramalan, perhitungan peramalan, pemilihan peramalan dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil pengujian didapati metode yang paling sesuai digunakan dalam menganalisis data dengan tingkat kesalahan paling kecil adalah metode Regresi Kuadratis dengan hasil peramalan untuk tahun 2019 sebesar 438512,55 untuk mean squared error. (Heriansyah and Hasibuan, no date).

Keywords

Peramalan Permintaan Regresi Kuadratis

Article Details