Main Article Content
Abstract
Strategi bisnis Thrift Market kian berkembang. Perkembangannya membuat berbagai strategi digunakan. Salah satu obyek adalah Thrift Market KP yang digunakan dalam penelitian. Kompetitor yang disandingkan adalah Thrift Market OCH. Tujuan penelitian ini guna mengetahu strategi SWOT dan faktor ciptaan Blue Ocean Strategy. Analisis data dengan observasi untuk menemukan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Faktor 7P sebagai langkah inovasi pada Blue Ocean Strategy diawali dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Pembobota rata – rata jawaban responden guna menentukan kanvas strategi. Kerangka kerja empat langkah untuk menciptakan faktor strategi. Penelitian ini menghasilkan analisa SWOT pada kuadran II untuk Thrift Market KP yaitu strategi mengurangi dampak ancaman dengan meningkatkan kekuatan. Strategi yang terbentuk sebanyak 6 jenis, yaitu net margin sebagai dasar perijinan bisnis, produk layak dengan harga tinggi, adopsi dan inovasi pemasaran, prioritas merek ternama, kelangkaan produk dengan harga tinggi dan sortir kondisi produk untuk minimasi penyakit. Blue Ocean Strategy dengan penciptaan faktor Personal Interest sebagai wujud menghimpun konsumen dengan identitas dan produk yang dibeli. Peer to Peer sebagai wujud peran kepercayaan media dan target komunitas sebagai konsumen. Participants sebagai wujud pengembangan loyalitas.